Selasa, 01 November 2016

PENGERTIAN DAN PERBEDAAN ANTARA KERUMUNAN, MASSA, DAN PUBLIK


          Pada kali ini saya akan mencoba membahas tentang pengertian dan perbedaan kerumunan, massa, dan publik. Langsung saja kita bahas satu persatu.
          Kerumunan dapat diartikan sebagai sekelompok orang yang bergabung untuk mengerubungi sesuatu. Diantara mereka tidak berhubungan secara tetap. Karena, objek yang menjadi perhatian mereka yaitu kejadian yang sedang terjadi saat itu saja. Setelah kejadian itu selesai, dapat dipastikan mereka akan meninggalkan tempat tersebut. Contohnya, ketika di sebuah jalan terjadi kecelakaan antara sebuah motor dan sebuah mobil, tentu itu akan mengundang banyak orang. Orang-orang tersebut berkumpul melihat korban kecelakaan tersebut sekaligus menolongnya. Setelah permasalahan tersebut selesai, kumpulan orang itu pun pasti akan bubar. Nah, itulah yang disebut dengan kerumunan.
          Sedangkan yang dimaksud dengan massa yaitu, sekelompok orang yang tidak saling mengenal yang berkumpul di suatu tempat. Dimana, meskipun mereka berasal dari berbagai kalangan atau tidak sama (heterogen), mereka itu tidak bersifat individualistis. Itu dikarenakan mereka mempunyai tujuan yang sama. Contohnya, peristiwa demo besar-besaran pada tahun 1998 untuk menurunkan Presiden Soeharto. Demo tersebut dilakukan oleh para Mahasiswa dari berbagai daerah. Mereka bersatu untuk tujuan yang sama. Nah, para demonstran itulah yang disebut dengan massa.
          Kemudian yang terakhir yaitu Publik. Apa itu publik ? Publik yaitu sekelompok orang yang mempunyai minat dan perhatian yang sama terhadap sesuatu hal. Meskipun mereka tidak berada dalam satu tempat yang sama dan bahkan tidak saling mengenal. Contohnya, di Indonesia pasti banyak yang menyukai atau menggunakan pasta gigi Pepsodent. Mereka berasal dari berbagai daerah, namun mempunyai minat yang sama yaitu menggunakan pasta gigi Pepsodent. Itulah yang dimaksud dengan Publik.
          Setelah melihat dan membaca pengertian dari kerumunan, massa dan publik diatas, kita pasti tahu dong sekarang apa perbedaan dari ketiga submateri tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar